Limbah Industri Tekstil

Tahukah Anda bahwa kurang lebih ada 12 juta ton limbah industri tekstil yang dihasilkan tiap tahunnya di Amerika Utara? 5% penghuni tempat pembuangan sampah akhir adalah limbah tekstil. Dengan jumlah yang besar ini, tentu limbah pakaian yang tidak diolah dan dikurangi dengan signifikan akan membawa dampak yang buruk bagi lingkungan.

Industri daur ulang limbah pakaian merupakan salah satu industri daur ulang yang pernah dibentuk dan kinerja industri ini benar-benar efisien. Faktanya, 93% semua limbah industri tekstil mampu didaur ulang dimana 35% kembali menjadi pakaian siap pakai, 33% menjadi benang proses, 25% menjadi kain pembersih dan 7% menuju pembuangan darat. Namun dengan jumlah pemakaian sandang yang semakin meningkat, jumlah limbah pun juga semakin meningkat.

Pencegahan Limbah Industri Tekstil

Mencegah peningkatan jumlah limbah tekstil merupakan salah satu cara yang efektif untuk memenuhi persyaratan lingkungan untuk industri. Untuk industri tekstil sendiri, salah satu metode yang digunakan adalah dengan memberi pendidikan dan pemahaman bagi konsumen. Metode ini lebih mudah diterapkan di negara maju dengan daya beli yang lebih tinggi dan permintaan akan pakaian yang lebih tinggi dibanding negara berkembang. Sebagai contoh, untuk para desainer, pembuatan desain baju perlu memikirkan beberapa hal sebelum membuat pola baju seperti materi yang akan digunakan dan tentu saja estetikanya.

Untuk eco-designer, perlu juga mempertimbangkan beberapa elemen seperti: menciptakan produk yang tahan lama dan memiliki fungsi yang lebih baik, menggunakan bahan pra-konsumen yang didaur ulang, mengurangi berat dan volume produk dengan menggunakan materi yang lebih ringan, membuat produk yang dapat digunakan lagi. Jika desiner meletakkan elemen-elemen tersebut pada rancangan bajunya, maka inisiatif mencegah limbah industri tekstil akan berlangsung efektif.

Untuk konsumen, mereka perlu mengambil keputusan yang ramah lingkungan dengan membeli pakaian yang sesuai dengan kebutuhan. Konsumen juga perlu mempertimbangkan pakaian yang bisa dipakai dalam waktu yang panjang sehingga tidak perlu mengganti pakaian dengan membeli terlalu sering.

About these ads

2 thoughts on “Limbah Industri Tekstil

  1. Pingback: Pentingnya Mengurangi Limbah Industri Tekstil | Pengolahan Limbah 101

  2. Pingback: Minimalisasi Limbah Industri: Cleaner Production | Pengolahan Limbah 101

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s