Pengolahan Limbah dalam Perspektif

Selama ini masyarakat melihat limbah dan pengolahannya sebagai sebuah proses yang memberatkan dan membebani. Limbah dan sampah dilihat sebagai dampak yang sangat negatif dimana jika dimasukkan dalam analisa SWOT, limbah tak punya strengths ataupun opportunity sama sekali. Namun beberapa pakar memberikan pandangannya yang berbeda.

Malcolm Lawson, direktur perusahaan sustainable paper dan board packaging di Inggris, mengatakan bahwa

Perubahan yang terjadi di Inggris dalam tahun-tahun ini adalah adanya perubahan perspektif bisnis mengenai limbah sebagai sumber daya yang bernilai dan bukan hanya sebagai barang yang pembuangannya membutuhkan uang.

Lawson berargumen mengenai perlunya perubahan perspektif baik dari pemerintah maupun bisnis mengenai pengolahan limbah. Perubahan perspektif ini nantinya akan merubah metode dan sistem kerja bisnis industri untuk mengolah limbah yang dihasilkan dalam masa produksi. Yang lebih menarik lagi adalah bagaimana Lawson melihat negara-negara Eropa dan kebijakannya mengenai energi yang diperbarui melihat sebenernya proses daur ulang kertas dapat menjadi energi alternatif yang dapat digunakan.

Argumen serupa juga disampaikan oleh Nick Herbert, politisi partai Konservatif Inggris, bahwa limbah bukanlah permasalahan. Limbah adalah sumber daya potensial terkait pendapatan negara di mana negara tidak perlu menyalahkan masyarakat terkait pembuangan sampah, namun negara perlu menggiatkan masyarakat secara intensif. Dengan memberlakukan pajak landfill, pemerintah secara tidak langsung meyakinkan masyarakat untuk lebih giat mendaur ulang dan dalam estimasi kebijakan pajak tersebut meningkatkan laju daur ulang sebesar 200%.

Kedua argumen di atas menunjukkan adanya perbedaan cara pandang terhadap pengolahan limbah maupun limbah itu sendiri. Memang perspektif itu agaknya menjadi kurang tepat di Indonesia, mengingat dari segi kebijakan, peraturan mengenai pembuangan sampah misalnya tidak diaplikasikan secara holistik. Namun yang ingin ditekankan adalah bahwa proses pengolahan limbah terletak pada mindset dan perspektif yang baru. Pengolahan limbah tidak lagi melulu menjadi beban bagi perusahaan maupun pemerintah, namun dapat menjadi peluang untuk mengembangkan inovasi-inovasi teknologi maupun perspektif sosial. Pengolahan limbah membuka peluang poisitif.

One thought on “Pengolahan Limbah dalam Perspektif

  1. Pingback: Pengolahan Limbah 101 – Selamat Datang! | Pengolahan Limbah 101

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s