Kampanye Pengolahan Air Bersih

Pembangunan berkelanjutan merupakan proyek tiap negara untuk terus mengembangkan baik perkonomian maupun kesejahteraan rakyatnya secara kontinu. Dan pengelolaan air bersih menjadi bagian dari agenda tersebut. Dalam konteks global pengolahan air bersih telah ditetapkan menjadi agenda yang membutuhkan perhatian khusus. Pengolahan air dan penyediaannya menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat untuk menghindari fenomena ‘kemiskinan air’ (water poverty).

Kampanye End Water Poverty merupakan kampanye sanitasi dan pengolahan air bersih yang diusung oleh PBB untuk mengajak masyarakat sipil dari semua negara bergabung dalam partnership. Rekanan ini diciptakan untuk menyediakan sarana dan medium yang tepat guna bagi semua orang terhadap akses sanitasi maupun air bersih. Pengelolaan air ditujukan untuk pemenuhan bersama sehingga tiap orang tidak mengalami fenomena kelangkaan air yang parah.

Inisiasi ini perlu didukung baik itu oleh organisasi masyarakat sipil pada level lokal maupun global. Jejaring dibentuk untuk menemukan solusi yang relevan dan tepat bagi masyarakat di semua bagian dunia. Secara praktis, solusi pengolahan air ini dilaksanakan melalui pertemuan-pertemuan dan solusi-solusi terkait sosialisasi dan kampanye mengenai pentingnya sanitasi dan air bersih ke daerah yang dianggap membutuhkan. Fungsi kampanye ini bertujuan untuk memmbentuk pola pikir yang baru mengenai penggunaan air termasuk bagaimana jika air tercemar oleh limbah dan first response action-nya.

Pada akhirnya, gerakan sosial ini akan membawa rekomendasi yang diajukan pada pemerintah sehingga pemerintah diekspektasikan untuk dapat merespon melalui kebijakan maupun penyediaan fasilitas yang memadai. Pengolahan air bersih dan sanitasi menjadi sangat penting dalam pelaksanaan. Menurut New York Times, jika negara mengalami kegagalan dalam pengelolaan air, pembangunan dapat terus berlangsung namun tidak dapat berkelanjutan. Prinsip pembangunan sebagai orientasi jangka panjang akan berhenti di satu titik karena masyarakat tidak mendapatkan akses terhadap air bersih. Maka dari itulah inisiatif masyarakat sipil memainkan peran yang sangat besar dalam proses pengolahan air bersih dan sanitasi. 

3 thoughts on “Kampanye Pengolahan Air Bersih

  1. Pingback: Berkontribusi dalam Pengolahan Air Sederhana | Pengolahan Limbah 101

  2. Pingback: Budaya Sanitasi dan Pengolahan Air Bersih | Pengolahan Limbah 101

  3. Pingback: Metode Pengolahan Air Domestik | Kenal Pengolahan Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s