Mengurangi Sampah Plastik: Pengolahan Limbah Sederhana

Sampah plastik merupakan tipe limbah yang pengolahannya dapat diantisipasi dan jumlahnya dapat direduksi. Pengolahan limbah sampah menurut Mother Nature Network dapat dipraktikkan melalui beberapa cara praktis:

1. Hindari menggunakan sedotan

Salah satu cara termudah untuk mengurangi pembuangan limbah plastik di TPA adalah dengan tidak menggunakan sedotan plastik. Informasikan kepada pelayan rumah makan tempat Anda menikmati makan siang untuk tidak memberi sedotan plastik. Dengan menghindari sedotan plastik Anda telah berkontribusi terhadap pengolahan dan pemanfaatan limbah yang dalam skala paling sederhana.

2. Menggunakan lagi kantong belanja

Sekitar 1 juta kantong plastik digunakan tiap menitnya dan satu kantong plastic membutuhkan 1000 tahun untuk berdegradasi. Jika Anda pergi ke supermarket pastikan Anda mengurangi jumlah kantong plastik yang Anda gunakan. Atau Anda dapat menggunakan kembali kantong plastik yang pernah Anda gunakan. Alternatif lain adalah Anda dapat menggunakan tas belaja kain yang mudah dicuci dan dibersihkan. Dengan penggunaan kantong belanja yang benar, Anda dapat membantu pengolahan limbah menjadi lebih mudah.

3. Menggunakan kembali botol plastik

Menurut Food and Water Watch botol air menghasilkan 1.5 juta ton plastic tiap tahun, dan botol ini membutuhkan 47 juta gallon minyak untuk diproduksi. Dengan menggunakan layanan isi ulang botol air Anda mengurangi jumlah limbah plastik yang dibuang di TPA atau laut. Anda juga dapat menggunakan botol berbahan gelas / tumbler yang dapat dibawa ke mana-mana sehingga Anda tidak perlu membeli botol air plastik. Dengan melakukan hal ini, Anda berjasa terhadap proses pengolahan limbah yang lebih efektif.

Ketiga langkah di atas hanyalah sebagian cara dari banyak hal yang bisa Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Pengolahan limbah membutuhkan partisipasi semua orang agar kinerjanya dapat menjadi efektif efisien sehingga mampu mengurangi efek samping dari produksi plastik.

 

One thought on “Mengurangi Sampah Plastik: Pengolahan Limbah Sederhana

  1. Pingback: Pengolahan Limbah Baik untuk Bisnis | Pengolahan Limbah 101

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s