Menimbang Industri Pengolahan Limbah

Industri manajemen limbah merupakan industri yang saat ini sedang dikembangkan. Sebuah laporan berjudul No Time to Waste – Global Waste Primer, mengkalkulasikan bahwa industri pengolahan limbah akan meningkat dua kali lipat di tahun 2020. Hal ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan, mengingat di dunia, industri pengolahan limbah bukanlah industri yang diminati oleh banyak pengusaha. Padahal, jika mempertimbangkan beberapa hal, industri pengolahan limbah dapat berkembang. 

1. Kebutuhan akan usaha daur ulang yang lebih advance

Meningkatnya inovasi dalam produksi manufaktur, menghasilkan berbagai macam dampak, salah satunya pada variasi dan jumlah limbah industri. Industri manufaktur merupakan industri yang berfokus pada produksi dan segala teknologi pengolahan limbah bukan menjadi prioritas utama. Menyerahkan pengolahan limbah pada industri yang memang khusus bergerak di bidang tersebut merupakan keputusan tepat guna. Industri pengolahan limbah memiliki teknologi dan kapabilitas yang lebih advance dalam mendaur ulang limbah industri. Kebutuhan akan teknologi yang lebih canggih ditujukan agar limbah industri dapat terakomodasi secara lebih aman.

2. Pertimbangan akan kondisi lingkungan

Perubahan iklim dan kondisi alam tentu disebabkan juga oleh meningkatnya industri manufaktur secara masif. Limbah yang tidak diolah secara tepat akan merusak kualitas tanah dan air. Akhirnya berakibat terhadap kualitas makhluk hidup yang berhabitat di dalamnya. Berangkat dari pertimbangan akan kondisi alam yang masih sangat dibutuhkan, industri pengolahan limbah menjadi industri alternatif yang memiliki dampak besar terhadap perbaikan maupun ketahanan kualitas lingkungan. Industri pengolahan limbah dapat menjadi industri yang tidak sekedar membawa profit namun juga ramah lingkungan dan mampu mengurangi efek negatif dari industri manufaktur.

3. Kompetisi lokal belum besar

Di negara-negara maju, industri pengolahan limbah dapat ditemukan dengan mudah. Perusahaan besar seperti Waste Management Inc., SWR, Signal Waste & Recycling adalah perusahaan di Amerika Serikat dan Inggris yang bergerak di bidang pengolahan limbah. Namun untuk di negara berkembang seperti Indonesia, industri ini belum banyak peminat. Dengan jumlah kompetisi yang tidak besar dan jenis bisnis B2B, maka peluang untuk menciptakan dan bergerak di industri ini merupakan peluang yang baik.

Berangkat dari 3 pertimbangan sederhana, industri pengolahan limbah diharapkan dapat bergerak menjadi industri yang mampu menyeimbangkan dirinya dengan industri-industri produksi yang lain. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s