Pengolahan Limbah sebagai Elemen Indikator Perkembangan Ekonomi

Kampanye pemanfaatan dan pengolahan limbah telah dilakukan oleh negara-negara di seluruh dunia, termasuk salah satunya kampanye mengenai manajemen limbah yang dapat berpengaruh terhadap pembangunan ekonomi. Manajemen dan pengolahan limbah memiliki relasi yang sangat kuat terhadap pembangunan berkelanjutan. Mengapa? Karena dampak dari pengolahan limbah yang tepat adalah lingkungan yang terus dapat diperbarui dan digunakan dalam proses produksi secara berkesinambungan. Perekonomian negara dapat menuju progres yang positif melalui pengelolaan limbah yang tepat.

Yang menjadi permasalahan adalah indikator pembangunan yang berkelanjutan sering kali menggunakan indikator konsumsi yang masih sangat tradisional. Sebuah artikel blog kampanye Zero Waste Eropa memberikan argumen bahwa mengukur perkembangan ekonomi berkelanjutan negara tidak hanya menggunakan GDP sebagai indikator. Daya beli masyarakat yang tinggi memang menjadi faktor pendorong meningkatnya perekonomian artinya jika ekonomi negara ingin meningkat, daya beli masyarakat harus dipacu lebih tinggi. Hal ini menjadi kontradiksi mengingat masyarakat semakin banyak membuang material (bungkus makanan/plastik/botol/kardus) dari produk yang mereka beli.

Maka dari itu perlu ada indikator alternatif yang mempertimbangkan pengolahan limbah sebagai elemen di dalamnya. UNEP (United Nations in Environmental Programme) mengajukan Indeks Kesejahteraan Inklusif dalam mengukur perekonomian sebuah negara.  Indeks Kesejahteraan Inklusif ini mengukur kesejahteraan melalui modal alam, manufaktur, manusia, dan sosial negara yang nantinya dapat menggantikan GDP dan Indeks Kesejahteraan Manusia dalam mengukur pembangunan berkelanjutan. Dalam Indeks Kesejahteraan Inklusif tersebut, pengolahan limbah memainkan peran dalam semua modal karena dampak dari aktivitasnya berelasi dengan semua aspek, bisnis maupun non-bisnis.

Dari hal tersebut kampanye pengolahan limbah yang tepat perlu dipompa lebih lagi untuk kembali mengingatkan kepada masyarakat awam maupun para pelaku bisnis, pentingnya aktivitas pengolahan limbah dalam memajukan perekonomian negara. 

One thought on “Pengolahan Limbah sebagai Elemen Indikator Perkembangan Ekonomi

  1. Pingback: Memulai dari Limbah Industri Rumah Tangga Anda | Pengolahan Limbah 101

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s