Pemanfaatan Limbah Meningkatkan Perekonomian

Pemanfaatan limbah khususnya melalui metode daur ulang di Indonesia saat ini masih dilaksanakan dalam skala rumah tangga. Inisiatif usaha kecil dan menengah yang progresif membuat proses pemanfaatan limbah ternyata mampu memberikan lapangan pekerjaan. Mari dibayangkan apabila usaha pemanfaatan limbah dipotensikan untuk membuka ribuan lapangan pekerjaan?

Salah satu artikel dari The Guardian menggunakan negara Inggris sebagai studi kasus mereka. Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa usaha pemanfaatan limbah yang dikelola dengan baik oleh pemerintah akan menghasilkan 10.000 lapangan pekerjaan hingga tahun 2020. Hal ini merupakan perhitungan yang menguntungkan perekonomian makro negara. Melalui jumlah lapangan pekerjaan yang dibuka dari usaha pemanfaatan limbah, limbah tidak lagi hanya menjadi barang buangan namun menjadi sumber daya bagi perkembangan ekonomi.

Menangkap potensi ini, pemerintah tentunya perlu melihat lebih jauh lagi mengenai potensi warganya. Masyarakat Indonesia pada dasarnya merupakan kelompok masyarakat yang kreatif, yang mampu menemukan hal-hal menarik dari sesuatu yang terlihat remeh. Namun tanpa dukungan dan akses yang memadai, potensi kreatif ini berubah menjadi kemalasan dan keengganan. Masyarakat Indonesia masih perlu faktor penarik yang sangat kuat yaitu melalui kesanggupan pemerintah mengelola usaha pemanfaatan limbah secara keseluruhan.

Faktor penarik inilah yang perlu menjadi perhatian pemerintah. Dengan mengarahkan industri manufaktur pada proses produksi yang berkesinambungan dan ramah lingkungan, pemerintah membuka akses untuk proses daur ulang yang lebih kompatibel. Misalnya, dengan mengganti desain produk dan kemasan makanan, barang sisa yang dibuang dapat diproduksi menjadi barang baru lagi. Sehingga industri manufaktur dapat menghindari terbuangnya biaya produksi ke tempat sampah. Dampaknya lagi angka perekonomian yang hilang dapat dimunculkan kembali melalui perubahan tersebut.

Berangkat dari inisiatif tersebut, pemerintah dan pelaku bisnis juga membantu masyarakat untuk semakin kreatif dan mampu bekerja dengan baik. Pemanfaatan limbah yang tepat dan mendpaat dukungan dari segala elemen dapat membantu perekonomian menjadi lebih baik dan lingkungan yang lebih sehat.

One thought on “Pemanfaatan Limbah Meningkatkan Perekonomian

  1. Pingback: Pemanfaatan Limbah Jadi Energi | Pengolahan Limbah 101

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s