Problem Pengelolaan Limbah Industri

Limbah industri telah menjadi subjek yang dipermasalahkan oleh berbagai pihak. Pengolahannya memakan biaya yang besar dan di negara berkembang, teknologi pengolahannya belum dapat bekerja dengan efektif. Permasalahan ini menjadi pelik dikarenakan baik dari pemerintah maupun pelaku industri belum menemukan solusi alternatif dari usaha manajemen limbah industri.

Pemerintah telah menetapkan undang-undang untuk dapat mengatur kebijakan pembuangan dan manajemen lebih industri. Pelaku bisnis juga telah menciptakan akses dan instrumen agar pelakasanaan pembuangan dan pengelolaan tidak berbentrokan dengan kebijakan pemerintah. Namun mengapa limbah industri masih menjadi permasalahan?

1. Meningkatnya teknologi produksi tidak diimbangi dengan meningkatnya teknologi manajemen limbah

Hal ini menjadi pemicu karena akhirnya limbah industri tidak dapat dikelola seluruhnya. Kecepatan produksi tidak sebanding dengan kecepatan pengolahan, maka terjadi penumpukan dan akhirnya limbah industri menjadi objek yang berbahaya bagi lingkungan. Hal ini perlu diantisipasi melalui kesadaran industri manufaktur untuk memperkuat kinerja pengolahan limbah seiring dengan seberapa besar produksinya, baik itu secara sistem maupun teknologi.

2. Kurangnya akses terhadap ilmu pengetahuan

Hal ini juga menjadi permasalahan karena ketika pelaku industri menyadari apa yang mereka butuhkan namun jaringan dan akses terhadap ilmu dan teknologi pengolahan limbah industri yang lebih baik tidak terfasilitasi dengan baik, perusahaan tidak dapat mengembangkan. Hal ini termasuk mahalnya teknologi yang dipatenkan secara kaku dan tidak bersedianya beberapa perusahaan pengolah limbah untuk menceritakan kisah suksesnya. Hal ini sangat mempengaruhi, mengingat teknologi tersebut harusnya dapat dirasakan semua orang

Kedua permasalahan di atas tidak akan menjadi terlalu besar selama perusahaan masih bisa menjaga keseimbangan antara produksi-konsumsi-dan pembuangan. Namun keseimbangan tersebut sangat sulit untuk dicapai sehingga perusahaan perlu memikirkan kembali langkah-langkan strategis untuk menangani fenomena tersebut.

4 thoughts on “Problem Pengelolaan Limbah Industri

  1. Pingback: Budaya Konsumerisme dan Limbah Industri Rumah Tangga | Pengolahan Limbah 101

  2. Pingback: Mengenal Lebih Dekat Manajemen Limbah Industri | Pengolahan Limbah 101

  3. Pingback: Food Loss dan Limbah Industri Makanan Asia | Pengolahan Limbah 101

  4. Pingback: Tanggung Jawab Manajemen Limbah Industri | limbah VS industri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s