Dampak Sosial Pengolahan Limbah yang Tepat

Dalam pengolahan limbah, pemerintah sebuah negara tentu memberikan anggaran yang tidak kecil termasuk perancangan kebijakan maupun monitoring implikasi kebijakan. Pemerintah beserta dengan tim ahli tentu merancang sebuah sistem pengelolaan yang tidak mudah. Sifatnya yang mengikat secara hukum menjadi salah satu indikasi yang menuntut kompleksitas sistem pengelolaan tersebut. Berangkat dari cost secara kuantitas dan kualitas yang tidak sedikit itu, benefit apa yang dapat diberikan dari manajemen pengolahan limbah yang tepat dan benar?

1. Kesehatan masyarakat

Negara yang sehat dapat terwujud jika masyarakat yang hidup di dalamnya juga sehat. Jika menggunakan garis pikir logika, pengelolaan limbah yang benar seperti menjauhkannya dari lingkungan, penggunaan alat keselamatan dalam pengelolaan bagi para pekerja, dan sistem yang tepat, maka masyarakat dan pekerja yang hidup di sekitarnya dapat mengurangi risiko tercemarnya tanah, sumber air, maupun tubuh mereka. Dengan demikian kesehatan dapat terjaga dan kematian akibat penyakit seperti diare dan kolera dapat dihindari. Dengan masyarakat yang lebih sehat dan jumlah kematian akibat penyakit yang menurun, maka negara mendapatkan dampak dari meningkatnya kemampuan hidup masyarakat. Dalam perkembangan ekonomi pembangunan, inidikator ini merupakan salah satu yang terpenting.

2. Kehidupan sosial masyarakat yang lebih baik

Berangkat dari kemampuan pemerintah mengatur pengolahan limbah secara tepat maka masyarakat mendapatkan lingkungan yang jauh lebih sehat. Berangkat dari lingkungan yang lebih baik dan tentunya fasilitas publik seperti taman kota dan sungai kota dapat digunakan secara maksimal. Hal ini tentu dapat mengurangi konflik-konflik sosial yang bisa terjadi akibat fasilitas publik yang tidak memadai. Secara sosial, lingkungan sehari-hari yang difasilitasi, jauh dari sampah, serta lingkungan kerja yang juga sehat mampu membentuk psikologis masyarakat menjadi lebih baik.

Dari dua dampak non-ekonomi yang dapat diberikan oleh sistem pengolahan limbah yang baik, maka pengolahan limbah perlu ditangani dengan serius. Baik itu limbah industri manufaktur maupun industri rumah tangga berupa sampah, semuanya perlu mendapatkan penanganan yang serius. Dampak sosial ini sifatnya investasi dan jangka panjang, namun mampu menjaga stabilitas negara dan tata kota.

One thought on “Dampak Sosial Pengolahan Limbah yang Tepat

  1. Pingback: Pengolahan Limbah Langkah Awal – REDUCE | Pengolahan Limbah 101

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s