Rantai Limbah Industri Pangan

Industri makanan merupakan sektor industri yang sangat penting. Ketahanan pangan menjadi isu yang krusial di beberapa negara kurang berkembang dan menuntut adanya perubahan dan distribusi pangan yang lebih seimbang. Mengapa? Karena menurut PBB sepertiga hasil produksi merupakan limbah industri pangan. 1.3 milyar makanan dibuang setiap tahunnya dan menurut pemimpin Vatikan, Paus Francis, hal ini disebabkan karena ‘budaya membuang’ (culture of waste) di negara-negara maju. Hal ini tentu saja mengenaskan melihat masih ada masyarakat di belahan dunia lain mengalami kelaparan. PBB bahkan mendata 870 juta orang mengalami kelaparan dan 2 milyar orang masih mengalami mal-nutrisi dan defisiensi nutrisi.

Butuh Peran Terintegrasi

rantai limbah industri pangan

rantai limbah industri pangan

Penanganan limbah industri pangan memang kompleks khususnya berhubungan dengan konsumen. Menurut rantai food loss FAO, persentase pembuangan makanan paling banyak ada di tangan konsumen. Konsumen membuang 27-33% makanan dari rangkaian yang melibatkan pembuangan selama proses produksi, proses penyimpanan, proses pengemasan, dan distribusi. Hal ini juga menunjukkan bahwa pemegang rantai tertinggi dalam pembuangan makanan adalah masyarakat pada umumnya.

Berdasarkan fakta tersebut, FAO melalui bantuan pemerintah tiap negara mengembangkan sebuah pembaruan dalam pengurangan limbah industri pangan. Eropa menjadi region yang menanggapi hal ini dengan serius. Parlemen Eropa mengadopsi sebiah resolusi yang berkomitmen terhadap Uni Eropa untuk memotong setengah dari jumlah pembuangan makanan hingga tahun 2020. Dan tahun 2013 merupakan “Tahun Eropa Anti-Pembuangan Makanan”.

Maka masyarakat Eropa saat ini sedang digiring untuk berkontribusi pada ketahanan pangan yang di masa depan akan mempertahankan keamanan nasional negara. Efisiensi dalam mengonsumsi makanan merupakan elemen utama karena sering kali pembuangan makanan dalam jumlah besar terjadi karena ketidaktepatan dalam penghitungan konsumsi. Hal ini dapat diantisipasi melalui dukungan pemerintah kepada warganya sebagi bagian dari rantai makanan tertinggi.

One thought on “Rantai Limbah Industri Pangan

  1. Pingback: Tips Mengurangi Limbah Industri Pangan | Pengolahan Limbah 101

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s