Limbah Industri Medis

Industri kesehatan merupakan salah satu industri dengan limbah yang dapat dikategorikan sebagai limbah berbahaya. Limbah industri medis sendiri dikategorikan dalam beberapa kelompok yaitu limbah menular, limbah B3, dan limbah radioaktif. Ketiga tipe limbah ini merangkum semua sampah medis termasuk benda tajam seperti jarum suntik, alat bedah bekas, organ bekas operasi bedah, dan peralatan gelas lainnya. Limbah industri medis dalam bentuk cair juga memiliki sifat patologi di mana mampu menularkan penyakit termasuk obat-obat kadaluarsa termasuk obat kemoterapi

Penanganan Limbah Medis

Limbah industri medis biasanya ditangani melalui pemakaran dengan suhu antara 982-1093 derajat Celsius. Limbah dimasukkan ke dalam ruangan pertama dimana limbah dibakar pada suhu sangat tinggi. Kemudian ruangan kedua merupakan ruang pembakaran untuk mengkonversi limbah menjadi karbon dioksida dan air. Lalu air direbus dan kemudian dijadikan uap dimana uap ini memilki potensi untuk menciptakan energi.

90% limbah medis diolah melalui pembakaran namun di sisi lain pembakaran ini memiliki efek kemungkinan pada polusi udara. Asap yang dihasilkan oleh pembakaran mengandung zat yang dapat membahayakan. Selain itu juga beberapa isu dimunculkan seperti kandungan dalam abu pembakaran limbah medis. Namun selama ini tidak banyak data yang bisa didapatkan mengenai akses abu limbah industri medis terhadap kesehatan tanah.

Butuh Kesadaran dari Pekerja Medis

Penanganan limbah industri medis pada dasarnya sama dengan penanganan limbah industri yang lain. Dalam pengolahannya juga membutuhkan kesadaran dari semua pihak medis supaya tidak ada limbah yang terbuang sembarangan. Karena limbah industri medis yang terbuang sembarangan dapat membawa dampak yang negatif bagi kesehatan manusia maupun makhluk hidup lainnya. Maka dari itu treatment yang tepat dan manajemen yang benar, akan menghindarkan limbah industri medis menjadi limbah yang membahayakan.

3 thoughts on “Limbah Industri Medis

  1. Pingback: Mengenal Limbah Industri Makanan Cepat Saji | Pengolahan Limbah 101

  2. Pingback: Kebijakan Limbah Industri Makanan Cepat Saji | Pengolahan Limbah 101

  3. Pingback: Manajemen Limbah Industri & Perubahan Iklim | Pengolahan Limbah 101

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s