Mengenal Sistem Pengolahan Air Minum Dalam Kemasan

Isu pengolahan air tidak hanya berputar di sekitar pengolahan air untuk publik namun pengolahan air dalam kemasan juga memiliki proses dan ketentuan yang sistematis. Karena air dalam kemasan juga menjadi konsumsi publik maka kualitasnya pun perlu mendapat perhatian. Meskipun air dalam kemasan merupakan bagian dari industri dan bisnis, perusahaan memiliki tanggung jawab untuk menjaga kualitas air yang diambil dari sumber mata air dan bagaimana menjaga ketahanan lingkungan dari proses operasi. Beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh perusahaan pengolah air dalam kemasan adalah: 

1. Proses Sistem Pengolahan Air

Pada proses ini perusahaan mencari dan mengidentifikasi sumber air mana yang layak untuk diproses secara fisika dan kimia. Pada tahap ini juga perusahaan menyediakan teknologi filter secara mendetail, yang nantinya akan digunakan dalam pengolahan air selanjutnya.

2. Strerilisasi

Proses ini harus dilakukan secara baik dan benar karena kualitas airnya dapat mempengaruhi kesehatan konsumen. Biasanya perusahaan air dalam kemasan menggunakan proses ozonisasi dimana ada pencampuran gas ozon ke dalam air yang telah diproses di tahap pertama. Ozon di sini berfungsi sebagai pembunuh kuman, bakteri, serta virus yang kemungkinan masih ada di dalam air. Lalu kemudian air diproses melalui proses ultra violet yang bertujuan untuk mensterilkan air sebelum masuk ke kemasan.

3. Quality Control

Proses ini dilakukan secara bertahap dan kontinu untuk memastikan agar air yang dikemas benar-benar stabil dan terjamin kualitasnya. Setiap pengolahan air minum dalam kemasan memiliki laboratorium kecil yang digunakan untuk mengontrol kualitas produksi serta kualitas mesin yang digunakan untuk mengolah.

Tiga tahap ini merupakan tahap proses pengolahan air minum dalam kemasan yang harus dilakukan tiap bisnis agar air minum yang beredar di masyarakat benar-benar air berkualitas. Menjaga kestabilan produk menjadi tanggung jawab perusahaan agar konsumen dapat menikmati air minum yang bersih dan sehat.  

4 thoughts on “Mengenal Sistem Pengolahan Air Minum Dalam Kemasan

  1. Pingback: Ozon dalam Pengolahan Air Minum | Pengolahan Limbah 101

  2. Pingback: Pengenalan Pengolahan Air Limbah Bank Dunia | Pengolahan Limbah 101

  3. Pingback: Pengolahan Air Hujan: Rainwater Harvesting | Kenal Pengolahan Air

  4. Pingback: Pendekatan Pengolahan Air USAID | Kenal Pengolahan Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s