Karakteristik Limbah B3 Industri

Sebuah industri manufaktur pada umumnya menghasilkan limbah yang dihasilkan dari bahan proses produksi. Dalam industri, pengenalan karakteristik limbah berguna untuk pengelolaan selanjutnya. Karena pengolahan baik itu secara fisika, kimia, maupun biologis disesuaikan berdasar reaksinya. Khususnya pada limbah B3 terdapat beberapa karakter yang dimiliki sehingga sebuah limbah dapat dikategorikan sebagai limbah B3, yaitu:

1. Mudah Terbakar
Limbah yang mudah terbakar dapat menciptakan api dalam beberapa kondisi seperti, dapat menyala tiba-tiba atau memiliki suhu di bawah 60 derajat Celsius. Contohnya adalah limbah minyak. Dan limbah dengan karakteristik ini perlu diuji melalui beberapa metode yang diadopsi oleh perusahaan.

2. Korosif
Karakter ini merupakan karakter yang mampu membuat lempeng besi/baja berkarat.

3. Reaktif
Limbah yang reaktif merupakan limbah yang tidak stabil di bawah kondisi normal. Mudah meledak, dapat menyebarkan aroma beracun, gas, dan uap jika dipanaskan, dikompres, atau dicampur dengan air.

4. Beracun
Limbah beracun memiliki efek dan dampak yang fatal apabila dicerna atau diserap (contoh: merkuri). Ketika limbah beracun dibuang ke tanah, cairan yang terkontaminasi dapat mengalir dan mencemari air bawah tanah.

Jika salah satu karakter di atas dipenuhi oleh satu jenis limbah maka limbah tersebut dikategorikan sebagai limbah B3 dan pengolahannya perlu mendapat perhatian yang cukup.

Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia telah menetapkan beberapa regulasi yang mengatur pengelolaan limbah B3 meskipun beberapa perusahaan sempat mengajukan keberatan. Keberatan tersebut antara lain tidak adanya penggolongan yang spesifik dari Kementerian sehingga semua jenis limbah berpotensi menjadi limbah B3. Maka dari itulah pelaku industri perlu dilibatkan dalam pembuatan kebijakan agar terdapat kesinambungan antara kebijakan dan aplikasinya di lapangan. Pengolahan limbah B3 tidak hanya melibatkan pemerintah sebagai pengawas dan pengatur regulasi namun juga perlu melibatkan semua pihak agar pengolahan limbah B3 menjadi lebih terintegrasi.

3 thoughts on “Karakteristik Limbah B3 Industri

  1. Pingback: Keuntungan Kerugian Pembakaran Limbah B3 | Pengolahan Limbah 101

  2. Pingback: Limbah B3 Biologis | Pengolahan Limbah 101

  3. Pingback: Hirarki Pengolahan Limbah B3 | limbah VS industri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s