Pemanfaatan Limbah Batu Bara

Penggunaan batu bara sebagai salah satu sumber energi tentu memberikan dampak juga. Pembakaran batu bara yang digunakan di pembangkit listrik menimbulkan dampak berupa sisa pembakaran. Sisa pembakaran batu bara juga dikenal dengan fly ash. Umumnya, manajemen fly ash sering kali mengalami kesulitan padahal pemanfaatan limbah ini dapat membawa beberapa keuntungan.

Mengolah Fly Ash?

Operator pembangkit listrik tenaga batu bara perlu mengatur pengeluaran, pemasukan, serta risiko agar dapat terus beroperasi. Jika berhasil mengatur fly ash menjadi bagian yang penting maka keberhasilan tersebut juga menjadi milik pembangkit listrik. Dalam lingkungan bisnis, pembangkit listrik perlu mengontrol pengeluar, modal kapital, serta risiko dan segera memulai manajemen penggunaan batu bara. Pemanfaatan limbah tersebut akan memberikan kesempatan yang signifikan di beberapa area:

  • Mengurangi ongkos dan manajemen pengeluaran untuk lahanp pembuangan. Dengan mengurangi jumlah fly ash secara signifikan maka perusahaan dapat mengurangi biaya berlebihan pada penggunaan lahan.
  • Menghindari tanggung jawab di masa depan. Dengan mendaur ulang fly ash perusahaan mengurangi dampak negatif dari pelanggaran regulasi lingkungan di masa depan.
  • Solusi ramah lingkungan.

Pemanfaatan Limbah Batu Bara Fly Ash

Seperti dicatat oleh kompas.com, menurut Kepala Pusat Litbang Permukiman, fly ash pada dasarnya dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi material yang berguna. Dengan mengenalkan teknologi pengolahan fly ash, bahan tersebut dapat digunakan kembali dan memiliki nilai ekonomis tinggi bagi masyarakat sekitar. Teknologi ini mampu mengubah fly ash menjadi paving block dengan kualitas yang baik. Pemanfaatan limbah batu bara perlu membudidayakan teknologi dan tenaga yang sudah ada. Dengan dikenalkannya teknologi ini pada masyarakat, masyarakat dapat menjadi inovatif dan akhirnya dapat memberikan pekerjaan bagi anak-anak muda.

Pemanfaatan limbah batu bara tentu juga membutuhkan konsistensi dari masyarakat berupa transfer teknologi yang distributif. Diharapka teknologi pengolahan fly ash dapat menjadi salah satu teknologi yang mampu dinikmati oleh kalangan masyarakat kelas bawah. Menggunakan paving block yang terbuat dari fly ash merupakan salah satu hasil yang membanggakan dan Puskim akan berusaha untuk terus mengembangkan teknologi-teknologi yang berguna untuk masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s