Pengolahan Air Melalui TEST

UNIDO (United Nations Industrial Development Organization) sebagai organisasi yang berinisiatif menciptakan lingkungan produksi industri menjadi lebih baik, memiliki beberapa strategi dalam mencapai tujuan tersebut. Salah satunya adalah dengan menyalurkan teknologi dan praktik industri untuk meningkatkan produktivitas air dan mencegah efek industri terhadap kuantitas maupun kualitas air. Bagi UNIDO, pengolahan air untuk masa depan perlu ditindaki dengan teknologi yang mampu membantu konservasi air sungai, danau, tanah, dan air pantai. 

Berangkat dari hal tersebut UNIDO mengeluarkan beberapa proyek teknologi, salah satunya adalah TEST (Transfer Environmentally Sound Technologies). TEST mendukung manajemen bunyi dalam penggunaan sumber daya pada industri untuk menimalisasi penggunaan, memaksimalisasi produktivitas, dan mempromosikan zero discharge, melalui demonstrasi praktik-praktik terbaik, aplikasi teknologi bersih, dan pembangunan apasitas. Dari program ini diharapkan pelaku industri dapat berkontribusi pada pengolahan air yang lebih baik di mana penggunaan air pada indutsri tidak berlebihan dan dapat digunakan secara efektif.

Pada implementasinya, pendekatan TEST didasarkan pada tiga prinsip utama:

Level Proses
Tingkat ini memberikan prioritas pada pendekatan pencegahan melalui Cleaner Production, sebuah aksi pencegahan sistematis yang didasarkan pada teknik pencegahan polusi selama proses produksi. Pada tingkat ini pencegahan polusi mencakup semua hal baik itu tanah, udara, maupun air. Bahkan dalam pengolahan air dalam proses produksi diharapkan tidak mengurangi kuantitas suplai air secara signifikan tanpa ada tindakan konservasi lebih lanjut. Level ini juga mempertimbangkan adanya transfer teknologi tambahan untuk mengontrol polusi setelah program CP telah dieskplorasi.

Level Sistem Manajemen
Pada level ini pendekatan TEST yang terintegrasi ditujukan pada aspek manajerial dalam pencegahan manajemen lingkungan. Tingkat ini menciptakan adanya sistem informasi yang dibutuhkan mengenai material relevan, energi, dan aliran pendanaan maupun finansial yang berhubungan dengan tingkat strategis maupun operasional perusahaan. Secara singkat ada sistem yang diciptakan untuk menyebarkan data maupun info yang nantinya akan diimplementasikan dalam produksi termasuk bagaimana pengolahan air secara sistematis diaplikasikan.

Level Strategis
Tingkat ini membutuhkan elemen perusahaan industri yang lebih tinggi lagi di mana tanggung jawab sosial perusahaan menjadi salah satu elemen yang berkontribusi utama. Dengan menjalankan CSR secara tepat, produksi dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Bahkan bagaimana sistem pengolahan air dirancang, dapat diimplikasikan juga pada tingkat ini.

2 thoughts on “Pengolahan Air Melalui TEST

  1. Pingback: Krisis Pengolahan Air Asia | Pengolahan Limbah 101

  2. Pingback: Solusi Krisis Pengolahan Air | Pengolahan Limbah 101

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s