PBB: Limbah Industri Medis Menjadi Masalah

Menurut seorang ahli hak asasi manusia PBB, limbah industri medis merupakan masalah yang sedang bertumbuh di seluruh dunia, membahayakan kesehatan para staff, pasien, pegawai limbah dan orang-orang yang melakukan kontak dengan material beracun yang dibuang oleh rumah sakit dan situs kesehatan lainnya.

Calin Georgescu, reporter spesial PBB untuk hak asasi manusia dan limbah beracun, menyampaikan laporan di mana beliau memberikan peringatan bahwa dunia tidak menaruh perhatian penuh pada permasalahan yang disebabkan oleh limbah industri medis.

“Sekitar 20-25% dari total seluruh limbah yang diproduksi oleh pusat kesehatan diperhitungkan sebagai limbah B3 dan mampu menciptakan berbagai risiko kesehatan dan lingkungan jika tidak diolah dan dibuang dengan cara yang tepat,” sahutnya.

Limbah industri medis mengandung berbagai material beracun, seperti limbah infeksi, limbah anatomikal dan mengandung penyakit, produk kimia kadaluarsa dan material farmasi, material radioaktif, serta segala instrumen/peralatan yang sudah tidak digunakan.

Permasalahan ini muncul di negara-negara berkembang, di mana jumlah limbah industri medis yang dihasilkan meningkat secara cepat seiring dengan meningkatnya jasa kesehatan di negara-negara tersebut. Namun secara finansial dan teknologi, negara-negara tersebut tidak mampu menyediakan pengolahan limbah industri yang baik.

“Limbah industri medis beracun yang dibakar pada skala kecil akan menghasilkan abu pembuangan dan emisi dioksin, yang 40.000 kali lebih tinggi dari batas yang telah ditentukan konvensi internasional,” kata Georgescu.

Reporter khusus mencatat bahwa benda tajam yang telah terkontaminasi merupakan atensi utama, dengan jarum suntik yang tidak dikelola dan mengandung patogen akan berakibat pada penyebaran virus hepatitis B, hepatitis C dan HIV.

“Maka dari itu, tiap tipe limbah industri medis yang beracun mewakili bahaya yang dapat merusak hak asasi manusia,”

Georgescu juga telah membuat serangkaian rekomendasi untuk mengurangi ancaman akibat limbah industri medis, termasuk mengajukan perkembangan legal internasional dalam pengelolaan dan pembuangan limbah serupa serta mengganti metode pembakaran limbah medis dengan metode yang lebih ramah lingkungan.

(diedit dan diterjemahkan dari http://www.un.org/apps/news/story.asp?NewsID=39543&Cr=toxic&Cr1#.UdpX2z6hIgw)

One thought on “PBB: Limbah Industri Medis Menjadi Masalah

  1. Pingback: Teknologi Pengolahan Limbah Industri Kertas | Pengolahan Limbah 101

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s