Circle of Blue: Solusi Pengolahan Air

Circleofblue.org didirikan pada tahun 2000 oleh beberapa jurnalis dan ilmuwan yang menyediakan berbagai informasi relevan, dapat dipercaya, dan aksi yang dapat dilakukan mengenai berbagai krisis sumber data alam dunia. Dengan fokus yang diperhatikan pada air dan hubungannya dengan pangan, energi, dan kesehatan. Circle of Blue telah menciptakan model laporan, pengumpulan data, desain, dan mengumpulkan berbagi informasi untuk kemudian menghasilkan metode ilmu pengetahuan, kolaborasi, inovasi, dan tanggapan yang dibutuhkan oleh dunia. Berangkat dari inisiatif ini Circle of Blue melihat adanya mismanajemen dalam pengolahan air di negara berkembang yang kemudian dapat menyebabkan krisis kelangkaan air di masa depan.

Maka dari itu Circle of Blue memiliki beberapa rekomendasi yang mengacu pada pengolahan air yang lebih baik yaitu:

Meningkatkan praktik irigasi dan agrikultur
Sekitar 70& air bersih dunia digunakan untuk pertanian. Dengan meningkatkan cara kerja irigasi maka kesenjangan antara penyediaan dan permintaan air dapat dijembatani. Dalam beberapa kasus sistem irigasi yang tidak dikelola dengan baik juga membuat petani tidak dapat menghasilkan produk pangan yang baik. Dengan pengolahan air irigasi secara tepat, krisis pangan maupun air dapat dicegah sekaligus.

Melihat komunitas dan kemitraan
Organisasi komunitas mampu memberikan pengalaman dalam hal suara dan opini yang lebih mampu mempengaruhi masyarakat banyak. Sebagai contoh pada April 2010, kelompok tradisional Bolivia mengadakan konferensi perubahan iklim alternatif, yaitu sebuah pertemuan yang ditujukan untuk mempercepat kemitraan internasional antar kelompok. Metode ini tidak hanya membangun kesadaran masyarakat tradisional mengenai pengolahan air namun juga mampu memberikan anjuran bagi otoritas untuk menciptakan kemitraan dengan pihak lain juga.

Mengembangkan dan mengaplikasikan kebijakan dan regulasi yang lebih baik
Pengolahan air dan kelangkaannya mampu membawa dampak pada ketahanan pangan dan polusi. Melihat korelasi ini, pemerintah perlu meredefinisi peran mereka. Pemerintah AS mempertimbangkan pelebaran The Clean Water Act untuk menjamin proteksi yang lebih luas lagi. Presiden Vladimir Putin memberlakukan penghentian limbah di Danau Bikal Rusia, salah satu sumber air bersih dunia. Pemerintah perlu mengambil peran untuk menjamin proses pengolahan air bersih yang tepat sehingga masyarakat mendapatkan akses dan kelangkaan air dapat diminimalisasi.

3 thoughts on “Circle of Blue: Solusi Pengolahan Air

  1. Pingback: Krisis Pengolahan Air: Akses Air Bersih | Pengolahan Limbah 101

  2. Pingback: Prinisp Operasional Pengolahan Air USAID | Pengolahan Limbah 101

  3. Pingback: Pengolahan Air dalam Industri | Kenal Pengolahan Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s