Tanggung Jawab Manajemen Limbah Industri

Sebagai konsumen dari industri consumer goods pernahkah kita bertanya tentang proses produksi barang-barang tersebut? Jika jawabannya, ya, berlanjut ke pertanyaan selanjutnya. Jika kita membayangkan produksi manufaktur seperti saluran pencernaan, pernahkah kita bertanya dibuang ke mana ‘kotoran’ produksi tersebut?

Manajemen Limbah

Pembuangan limbah industri memang menjadi pertanyaan bagi kaum awam. Kita mengetahui bahwa beberapa tempat yang sering menjadi tempat pembuangan limbah industri adalah permukaan tanah, laut, atau di bawah tanah. Dari ketiga tempat ini, pembuangan limbah industri menjadi permasalahan. Apalagi jika limbah yang dibuang di tempat-tempat tersebut mengandung bahan berbahaya yang belum disterilkan.

Maka, disinilah fungsi divisi manajemen limbah maupun industri manajemen limbah industri bekerja. Sektor ini bertanggung jawab untuk memastikan bahwa limbah yang dibuang di area tersebut tidak menghancurkan ekosistem maupun makhluk hidup di dalamnya. Hal ini yang menjadi permasalahan utama dalam penanganan limbah industri baik di Indonesia maupun negara lain, karena manajemen limbah industri berpotensi mengalami kesalahan fatal sehingga merusak ekosistem lingkungan.

Tanggung Jawab Siapa?

Sektor manajemen limbah industri juga bertanggung jawab dalam mengembangkan dan menemukan teknologi yang lebih efektif dan efisien dalam menyaring zat maupun menciptakan sistem manajemen limbah yang lebih canggih. Jumlah limbah yang semakin meningkat membutuhkan teknologi dan sistem yang lebih terintegrasi dan sektor ini bekerja untuk membuat dan mengaplikasikannya secara tepat.

Selain itu, dalam pengolahan limbah industri juga dibutuhkan pengerjaan yang inovatif sebagai contoh bagaimana mengurangi kuantitas limbah agar kinerja perusahaan dapat menjadi lebih produktif atau bagaimana mengolah limbah menjadi bahan dasar sekunder yang dapat kembali digunakan dalam produksi. Ide-ide yang kemudian dirancang secara teknikal oleh para pakar di dalam sektor manajemen limbah dapat menjadi salah satu kontribusi besar bagi sistem manajemen limbah yang lebih baik. Indonesia, beserta dengan semua negara di dunia, membutuhkan divisi yang profesional dan tepat untuk produksi berkelanjutan

One thought on “Tanggung Jawab Manajemen Limbah Industri

  1. Pingback: Kembali ke Dasar Limbah Industri | Pengolahan Limbah 101

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s