Pra-Pengolahan Limbah B3 Medis

Kita telah mengenal bahwa limbah B3 yang dihasilkan oleh industri medis merupakan limbah yang memmbutuhkan pengolahan tersendiri. Limbah yang terdiri dari elemen-elemen menular, patogen, darah yang terkontaminasi, jarum suntik bekas, peralatan bedah, dan peralatan medis lainnya ini berpotensi untuk membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia. Maka dari itu limbah B3 medis membutuhkan langkah tersendiri dalam pengolahannya:

LABELING
Pelabelan merupakan salah satu metode awal untuk mengidentifikasikan dan mengklasifikasikan limbah B3. Sebagai contoh tiap kantong limbah biologis perlu diberi penomoran dilaboratorium atau ruangan mana limbah tersebut diproduksi. Setelah itu beri tanggal kapan limbah tersebut dikumpulkan. Dengan menggunakan marker permanen untuk menuliskan informasi penting mengenai kantong sampah tersebut, pengelolaan limbah menjadi lebih mudah dan aman.

PACKAGING
Limbah B3 biologis dalam bentuk kering atau padat perlu ditempatkan pada kantung bertekanan tinggi (autoclave bag). Kantung ditutup rapat dan biasanya rumah sakit menggunakan autoclave bag yang telah memiliki simbol bahaya. Autoclave bag pun biasanya hanya diisi setengah sehingga ada ruang untuk tekanan udara. Kemudian biasanya kantung limbah diikat secara kuat sebelum dipindahkan.

TRANSPORTING
Setelah proses pengemasan, limbah B3 biologis yang telah ditutup rapat dipindahkan oleh personil laboratorium. Pemindahan ini biasanya menggunakan peralatan keamanan seperti masker dan sarung tangan, dan dibawa dengan menggunakan kereta kontainer. Pemindahan ini membutuhkan pengawasan sekaligus pemonitoran yang efektif. Untuk kantung-kantung yang belum memiliki label akan dikembalik untuk diperjelas labelnya. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga tingkat keamanan pembuangan.

Dari tiga langkah ini kita dapat melihat bahwa pengolahan limbah B3 yang tepat baik pra-pengolahan sampai pengolahan di tempat pembakaran sekalipun membutuhkan perhatian. Integrasi dari manajemen pengolahan limbah B3 perlu mendapat perhatian dari pihak industri medis.

 

One thought on “Pra-Pengolahan Limbah B3 Medis

  1. Pingback: Nuklir dan Pengolahan Limbah Radiasi | Pengolahan Limbah 101

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s