Menekan Limbah Industri Retail

Pendekatan dalam peningkatan lingkungan saat ini terus memperluas lingkup perspektifnya. Dalam dunia bisnis industri pun, pendekatan terhadap lingkungan terus menjadi alat yang esensial untuk mempertahankan pelaksanaan regulasi, meningkatkan produktivitas, dan mengembangkan kompetisi. Jumlah bisnis industri yang meningkat juga memfokuskan dirinya pada aspek lingkungan dari operasional. Salah satu industri yang berkutat dalam permasalahan ini adalah industri retail.

Pusat perbelanjaan ada di posisi pemain utama dalam menyediakan lingkungan yang lebih baik bagi generasi di masa depan termasuk juga memenuhi ekspektasi komunitas dalam meningkatkan performa lingkungan. Dari sinilah, memperkenalkan pengurangan limbah industri retail dan program daur ulang menjadi proyek dan tugas industri retail untuk terus mempertahankan kinerjanya.

Mengusahakan program green shopping merupakan bagian dari kampanye yang dilakukan untuk mengurangi jumlah limbah industri retail. Tentu saja program tersebut tidak hanya melibatkan divisi pemasaran bisnis namun juga melibatkan kesadaran komunitas untuk melakukan aktivitas belanja dengan lebih bijak. Green shopping tentunya membawa keuntungan ekonomis bagi bisnis, karena pihak manajerial tidak memusingkan berapa lahan lagi yang harus diusahakan untuk membuang limbah industri. Maka pendekatan kerjasama antara supplier maupun konsumen, dapat mempercepat usaha bisnis retail untuk meminimalisasi jumlah limbah.

Meminimalisasi limbah industri retail juga merupakan cara yang ideal untuk mengajak komunitas memiliki sikap dan kesadaran yang lebih tinggi dalam hal belanja dan lingkungan. Hal tersebut juga dapat dibawa lebih jauh lagi menjadi program edukasi yang dapat disampaikan melalui institusi pendidikan formal. melalui bantuan pemerintah lokal. Penelitian pasar secara konsisten menunjukan bahwa ada perhatian mengenai lingkungan yang cukup tinggi dari komunitas masyarakat. Minimalisasi limbah industri dan program manajemen dilihat sebagai kesempatan yang ideal untuk melakukan sesuatu bagi lingkungan.

Green shopping tidak hanya sekedar kampanye, namun juga menjadi langkah awal bagi bisnis retail untuk berkontribusi bagi lingkungan. Dengan menawarkan pemakaian tas belanja kain yang bisa dipakai ulang, atau menyuplai produk-produk yang memiliki durabilitas lebih lama merupakan langkah awal yang dapat dilakukan. Dengan strategi yang tepat dan relevan, limbah industri dapat ditekan dan bisnis retail juga mendapatkan feedback positif dari komunitas.

 

2 thoughts on “Menekan Limbah Industri Retail

  1. Pingback: Green Shopping | Pengolahan Limbah 101

  2. Pingback: Limbah Industri Fashion: Smart Clothing | Pengolahan Limbah 101

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s