Hirarki Pengolahan Limbah B3

Keputusan pengolahan limbah metode seperti apa yang cocok dilaksanakan di satu industri tentunya mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya adalah apakah limbah tersebut masuk dalam golongan limbah B3 atau bukan. Ada hirarki dalam pengambilan keputusan seperti keberlanjutan, produksi yang lebih bersih, kesehatan, kemanan, dan proteksi terhadap lingkungan. Karena penanganan limbah standar dengan limbah B3 memiliki metode yang berbeda. Untuk limbah B3, hirarkinya adalah sebagai berikut:

Mengeliminasi Produksi Limbah B3
Produk dari aktivitas ini adalah tidak adanya limbah B3 paska produksi yang dihasilkan. Hal ini tentu saja bekerja sama dengan para insiyur manufaktur untuk melihat seberapa besar kemungkinan pemlihan penggunaan bahan mentah terhadap produksi limbah B3.

Minimalisasi Limbah B3
Jika eliminasi limbah B3 secara total tidak dapat dilakukan maka urutan berikutnya adalah meminimalisasi jumlah limbah B3 atau mengurangi jumlah bahan berbahaya yang digunakan dalam produksi.

Minimalisasi Jumlah dengan 3R
Meminimalisasi jumlah limbah ke pembuangan dengan mendaur ulang (recycling), menggunakan ulang (reuse), dan atau memperbaiki (recovery). Aktivitas ini termasuk memperbaiki energi yang dihasilkan oleh limbah B3.

Mengolah Limbah
Hirarki berikutnya adalah mengolah limbah untuk menstabilkan, menghindari pergerakan, menahan, atau menghancurkan properti berbahaya. Aktivitas ini termasuk melakukan berbagai pengolahan dengan menggunakan metode fisika, kimia, maupun biologis agar pembuangan terakhir tidak membahayakan lingkungan.

Membuang Residu
Dari proses pengolahan tersebut, maka akan ada residu yang dihasilkan. Pembuangan residu limbah B3 ini harus dilakukan dengan mempertimbangkan dampak lingkungan. Dampak minimum menjadi tujuan utama dari hirarki ini.

Pembuangan Akhir
Hirarki terakhir ini membutuhkan pertimbangan yang akurat dimana limbah B3 yang dibuang harus disimpan, diisolasi, dan ditahan dengan tepat ketika tidak ada lagi pengolahan atau opsi pembuangan lain yang mungkin.

One thought on “Hirarki Pengolahan Limbah B3

  1. Pingback: Kerangka Hirarki Pengolahan Limbah | Pengolahan Limbah 101

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s