Penanganan Limbah Industri Gula

Indonesia sebagai negara agrikultur memiliki berbagai industri pertanian dengan komoditas yang beragam. Salah satu industri pertanian Indonesia yang memiliki produksi tinggi adalah industri gula. Jumlah tumbuh dan berkembangnya tanaman tebu menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil gula yang besar. Tebu di sini tentu berperan sebagai bahan baku dalam pembuatan gula di pabrik yang tentunya juga menghasilkan limbah industri dalam berbagai bentuk.

Limbah industri gula berbentuk cair biasanya meliputu cairan bekas penelitian laboratorium dan tumpahan bahan yang tidak disengaja. Sedangkan limbah industri berbentuk padat meliputi ampas tebu, abu, dan debu hasil pembakaran ampas, bekas penelitian laboratorium, dan tetes. Sedangkan limbah gas meliputi gas cerobong ketel dan cerobong reaktor pemurnian.

Metode Pengolahan Dasar

Pada dasarnya pengolahan limbah industri gula memiliki beberapa metode dasar salah satunya adalah dengan mengolah sisa ampas. Sisa ampas sebenarnya dapat dimanfaatkan kembali sebagai bahan baku atau media kompos, namun penanganan awalnya adalah dengan pemadatan ampas menjadi bentuk kubus. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan berat jenis ampas dan untuk mengorganisir ampas agar tidak beterbangan. Setelah itu limbah industri bentuk padat siap untuk disimpan di dalam gudang.

Sedangkan limbah industri berbentuk cair bekas penelitian di laboratorium ditangani dengan mengumpulkan cairan tersebut untuk dilakukan proses elektrolisis agar logam berat menempel pada elektroda. Lalu bersama dengan limbah padat bekas penelitian laboratorium diolah bersama ke tempat pembuangan akhir. Dengan menggunakan sistem biotray limbah industri cair diolah dan dinetralkan dan akhirnya dikeluarkan dari pabrik. 

Baik itu berbentuk padat, cair, maupun gas, limbah perlu diolah secara tepat agar penanganannya dapat diterapkan dengan efektif dan efisien. Industri gula di Indonesia dapat berkembang dengan baik karena produksi yang juga baik. Namun produksi yang baik tidak akan berarti tapi proses pengolahan limbah yang sistematis dan baik juga. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s